Kamis, 23 Juli 2020

TUHAN MENCIPTA, MANUSIA IKUT SERTA "MENGHADAPI COVID 19" - serial 1


Istilah Tuhan Mencipta Manusia Ikut Serta (TUMMIS), pertama kali dicetuskan oleh Pdt Natan Setiabudi pada tahun 1996, pada saat beliau menjabat sebagai Ketua Umum GKI Jabar Full Time yang pertama.
Tema ini setelah lebih dari 24 th masih dipakai oleh GKI Jawa Barat sampai sekarang , dimana saat ini namanya telah menjadi SinWil Jawa Barat.

Ada 2 pemahaman dari TUMMIS yang perlu disadari yaitu :

  1. Tuhan Mencipta , sebagai TEMA UTAMA ALKITAB, kemudian baru Penyelamatan.   Manusia sebagai satu-satunya ciptaan yang dicipta SEGAMBAR DENGAN ALLAH supaya bisa mencipta bersamaNYA ternyata jatuh dalam DOSA.  Jadi disain Allah itu telah diganggu oleh dosa , tetapi dosa itu ditebus oleh Tuhan dan manusia harus bertobat supaya bisa kembali kedisain awal penciptaan yaitu mencipta bersama Tuhan
  2. TUHAN MENCIPTA itu sudah, sedang dan akan , hal inilah yang harus disadari oleh setiap kita, jika kita tidak menyadarinya maka kita "tidak" berperan dalam mencipta bersama TUHAN. Padahal mencipta bersama Tuhan harus terus dilakukan setiap hari bersama keluarga , lingkungan, kelompok, gereja dll.  Termasuk ketika kita menghadapi Covid-19 ini , kita tetap harus berperan mencipta bersama TUHAN.  Dan dengan gereja kita bisa berperan mencipta bersama Tuhan untuk Indonesia, dst , kemana saja Tuhan mengutus. Disain Tuhan yang terdalam dan terluas adalah Penciptaan.
Penciptaan manusia terus berproses, bertumbuh kesegala hal kearah Kristus sampai mencapai tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan KEPENUHAN KRISTUS.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok, apakah arti hidupmu ? 
HANYA dengan mengikuti arus penciptaan oleh Tuhan hidup kita menjadi berarti.

Kita yang sudah DISELAMATKAN harus ikut arus mencipta bersama Tuhan, baik mencipta diri, teman dan keluarga dengan GEREJA sebagai tubuh Kristus menjadi contohnya.

UNTUK URAIAN SELENGKAPNYA SILAHKAN  DISIMAK DALAM VIDEO SBB :
atau





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA