Minggu, 21 Juni 2015

GKI Gading Serpong, Khotbah 21 Jun 2015


GKI GADING SERPONG
Tema : “Murid : Pembelajar & Pejuang Kehidupan”

Pembicara : Pdt Santoni
Bacaan :  Matius 19 : 27-30

Orang yang sering pergi kegereja sering disebut sebagai orang Kristen., orang Kristen dalam konotasi karena kelahiran atau keturunan .. atau bisa juga disebut sebagai Kristen KTP, Kristen Tanpa Pertobatan.

Ada type orang Kristen yang lain , yang katanya mengalami perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan ketika dia sembuh dari sakit atau ketika ada masalah dan mendapat pertolongan dari Tuhan sehingga masalahnya terselesaikan, dibilang lahir baru tapi tidak berubah kelakuannya.

Type yang ketiga disebut dengan murid Yesus , yang tumbuh dewasa melalui pemuridan dan belajar firman Tuhan dengan serius.

Menjadi orang percaya Yesus , seharusnya otomatis menjadi murid Yesus. Kisah Para Rasul 1-10 disebutkan secara bergantian murid Yesus dan orang percaya, menjadi percaya otomatis menjadi murid Kristus.
Apa yang harus dilakukan oleh seorang murid ? murid dalam bahasa ibrani disebut matetes yang artinya seorang yang tidak hanya menerima pandangan gurunya tapi yang juga mempraktekan dalam kehidupan shari-hari apa yang dikatakan gurunya.

Pemuridan dalam jaman Yesus mempunyai 5 karakteristik :
1. Murid memutuskan untuk mengikuti sang guru
2. Mengingat apa yang dikatakan oleh sang guru
3. Belajar cara guru melayani
4. Mengimitasikan hidup dari karakter gurunya
5. Membesarkan murid-muridnya kembali

Ketika kita memutuskan untuk katekisasi , baptis dan sidi itu adalah langkah yang pertama, tetapi setelah itu apakah kita mengingat apa yang sudah dipelajari, belajar cara guru melayani , mengimplementasikan ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari dan apakah kita juga siap untuk memuridkan orang lain.

Ada 3 hal komitment menjadi murid Kristus ,

Komitment Pertama adalah belajar dan belajar terus menerus.
Murid akan seperti gurunya ketika tamat belajarnya , tamat belajar berarti kematian, jadi murid belajar terus sampai akhir hidupnya.

Menjadi murid Kristus bukan hanya ketika pergi ke gereja dan mengalami perubahan karakter yang sesaat saja, tetapi sang murid itu mengalami proses belajar terus menerus sampai menutup mata.

Seorang murid sejati akan mengalami perubahan terus menerus untuk menjadi serupa dengan Kristus sampai akhir kehidupannya.

Seorang teolog Jerman mengatakan bahwa Kekristenan tanpa pemutidan adalah Kekristenan tanpa Kristus, karena tidak mengaktifkan hidupnya didalam firman. Jalan yang  ditempuh oleh seorang murid adalah jalan yang penuh pengorbanan, terus belajar dan belajar tentang kehidupan baik ketika susah maupun senang

Seorang murid harus memilih tetap berada dalam tuntunan sang guru ketika menghadapi perjuangan hidup.
Matius 19 : 27-30 , Petrus meninggalkan segala sesuatu, meninggalkan kesenangannya , dan setia mengikut Yesus , dan  firman Tuhan mengatakan akan menerima kembali berlipat kali .

Jadi menjadi murid sungguh-sungguh kita diajar berproses belajar sampai kematian tiba, tidak ada istilah berhenti belajar. Gereja memalui program DOP mengajak semua jemaat untuk terus belajar supaya semakin melekat pada firman Tuhan.

Komitment yang Kedua 
Mazmur 119 , menjelaskan tentang manfaat mendengar , memperhatikan dan melaksanakan firman Tuhan.
Ada 3 manfaat firman Tuhan : 1. Sebagai sumber hidup , ayat 9 - 16 , pemazmur ingin selalu dibimbing, dididik oleh firman Tuhan , memilih jalan Tuhan dan terus bergemar dalam firman Tuhan serta terus berada dalam jalur firman Tuhan.
Ayat 25 , jiwaku melekat pada debu ..
Jiwa menunjuk pada kehidupan dan debu pada kematian, dengan kata lain pemazmur sedang mengatakan dia sedang diambang kematian, diambang kehancuran hidup dan mati karena dosa dan hidup jauh dari Tuhan, dalam kondisi seperti ini pemazmur berseru kepada Tuhan "hidupkanlah aku sesuai dengan firmanMu".
Bagi pemazmur firman Allah adalah sumber dari kehidupan, menjauhi firman berarti menjauhi Tuhan sang pemberi hidup.dan sebaliknya dekat dengan Tuhan berarti dekat dengan sumber hidup. Orang akan dekat dengan Tuhan hanya kalau mengenal firman dan melakukan ketetapan-ketetapannya.

Ayat 26, 27,28 dan 29 Firman Tuhan itu menjadi penunjuk jalan menuju kebenaran, sumber penghiburan ketika seseorang mengalami duka cita , pemazmur merasakan bahwa firman Tuhan sanggup menjadi penghibur dan meneguhkan iman orang percaya.
Ketika air mata mengalir , siapa yang kita cari ? apakah kita mencari firman Tuhan ? kita membutuhkan firman Tuhan seperti nutrisi supaya tetap kuat.

Komitment Ketiga
Murid Yesus harus punya komitment hidup dalam komunitas.
Efesus 3 : 16 dua doa Paulus , batin jemaat Efesus harus diperbaharui , batin bicara tentang akal budi , Paulus berdoa kepada jemaat di Efesus supaya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat.

Paulus juga berdoa tentang kesadaran, berdoa supaya jemaat di Efesus lebih sensitif , lebih peka menolong dan berbagi dengan sesama jemaat, karena jemaat di Efesus tidak sensitif terhadap penderitaan sesama.

Paulus juga berdoa tentang kemauan, jemaat Efesus tau yang baik tapi susah melakukan yang baik itu, kemauan saja tidak cukup , ada kekuatan Tuhan yang menopang supaya jemaat Efesus mampu melakukan yang baik itu.

Bagaimana bisa melakukan semua itu, Paulus mengatakan bahwa harus diisi dengan Kristus, diisi dengan firman Tuhan,  berarti hidup yang beriman kepada Kristus

Untuk apa semua itu ? dalam ayat 18 , dikatakan Paulus berdoa bahwa kita yang sudah disadarkan akal budinya , kesadaran dan kemauan nya supaya membangun kasih Tuhan yang lebar, dalam, panjang dan tinggi.Kasih Tuhan dapat kita rasakan ketika membangunnya bersama-sama orang kudus yaitu komunitas kita, komunitas gereja Tuhan.

Dengan iman kepada Kristus dan kasih Kristus kita membangun surga dalam kehidupan bergereja dan komunitas kecil yang kita bangun. Selamat menjadi murid Kristus.

Amin.
Salam hangat dari team Nafiri Kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA