Senin, 22 Desember 2014

Beda Remaja Kristen Dengan Remaja Non Kristen


Renungan dalam acara ultah sweet seventeen, dengan thema "Beda Remaja Kristen dengan Remaja Non Kristen". Team Nafiri Kasih mencatat hal-hal penting dalam renungan acara ulang tahun dan membagikan untuk Anda semua.

Apa sebenarnya yang membedakan antara anak remaja dari keluarga Kristen (orang percaya Yesus) dengan anak remaja dari keluarga bukan Kristen (tidak percaya Yesus)?

 Apakah remaja orang Kristen lebih pinter? Apakah remaja Kristen lebih menurut kepada orang tua ?  Apakah remaja Kristen lebih sopan ?

Jawabnya: ternyata engga ya......banyak remaja dari keluarga bukan kristen juga pinter, mereka juga menurut ke orang tua dan sopan-sopan.
Jadi apa sebenarnya yang membedakan antara remaja orang percaya dan anak2 dari keluarga tidak percaya?

Ilustrasi:

Ada suatu survey/penelitian tentang perbedaan antara remaja2 perempuan yang hidup antara tahun 1830 sampai sekitar tahun 2000an.

Hasilnya menarik untuk kita amati :

Para wanita yang antara rentang waktu 1800an sampai 1950an (generasi mak Kwie) , fokus hidup mereka adalah GOOD WORKS (perbuatan2 baik dimasyarakat). Diary-diary yang ditemukan milik wanita2 yg hidup dalam rentang waktu ini antara lain isinya: "bantu org lain", "kerja lebih baik dan lebih keras", "pikir dulu sebelum ngomong" dsb ..

Sedangkan para wanita yang hidup antara tahun1950an sampai tahun 2000an, fokus hidup mereka tidak lagi pada Good Works, tapi sudah bergeser kepada GOOD LOOKS. Fokus pada penampilan. Diary-diary yang diteliti, isinya banyak tentang : "beli baju baru", "turunin berat badan", "ganti kacamata yang trendy", "potong rambut model modern" dsb ...

Nah, yang manakah seharusnya pilihan kita sebagai orang kristen.....atau khususnya manakah seharusnya yang menjadi pilihan para remaja kristen? Apa yang membedakan antara remaja kristen dengan yg tidak? Atau apakah yang membedakan antara orang kristen dengan yang tidak kristen?

Salah satu jawabnya ada di 1 Korintus 7:14 dimana anak-anak orang percaya disebut sebagai "anak-anak kudus".
Sebutan ini tidak dikenakan kepada anak-anak org yang non kristen. Apa artinya "kudus"? "kudus" artinya "set apart for God". Jadi anak-anak orang percaya punya hubungan khusus dengan Allah, sehingga saat dididik dalam terang firman Tuhan, mereka menyadari bahwa :

  •   Kalau jadi pinter, pinternya untuk kemuliaan Tuhan

  •  Kalau nurut kepada orang tua, motivasinya untuk kemuliaan Tuhan.

  •  Kalau menjadi anak yang sopan, motivasi sopannya adalah karna untuk kemuliaan Tuhan yang sudah menyelamatkannya. Jadi singkatnya, kalau melakukan Good Works, motivasinya adalah untuk kemuliaan Tuhan. 

Inilah yang membedakan antara remaja orang percaya Yesus dengan remaja dari keluarga yang tidak percaya. Fokus hidup tidak pada Good Looking menurut manusia tapi Good Looking menurut Tuhan.

Jadi untuk saudara-saudari yang hari ini memasuki usia 17 tahun, hiduplah sebagai ' anak kudus' - hidup untuk kemuliaan Tuhan Yesus.  Melakukan hal-hal yang baik (good works) untuk kemuliaan Tuhan dan fokus pada inner beauty lebih daripada penampilan luar. Hidup berbeda dengan standard orang dunia.

AMIN.
Salam hangat dari team Nafiri Kaih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA