Rabu, 25 Maret 2015

Inisiatif Sang Pencipta


Nats : Kejadian 1 : 1  "Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi"

Ada yang mengatakan bahwa kitab Kejadian merupakan kitab terindah karena didalam kitab itu menyimpan keindahan dan manfaat praktis yang luar biasa.
  • Ada doktrin-doktrin utama Alkitab
  • Kedaulatan Allah sebagai pencipta
  • Kuasa Firman Nya 
  • Penciptaan manusia laki-laki dan perempuan menurut gambar Nya dan diberi mandat untuk memelihara bumi serta berkuasa atas segala makhluk ciptaan yang lainnya.
  • Konsep kesetaraan laki-laki dan perempuan
  • Kebaikan dari ciptaan
  • Nilai dari kerja
  • Ritme istirahat
Kebenaran-kebenaran pokok ini ada didalam kitab Kejadian bagaikan batu-batu pondasi, yang diatasnya dibangun struktur Alkitab yang kokoh.

Ketiga kalimat dalam Kejadian 1:1 diatas , Pada mulanya Allah .. , memberi pernyataan bahwa segala yang ada dikolong langit ini tidak pernah bisa mendahului Allah , sebab Allah selalu sudah ada "Pada mulanya" , jadi semua tindakan dan inisiatif ada pada Allah. Allah yang hidup adalah adalah Allah yang berinisiatif dan yang bertindak.

Allah adalah "SUBJEK" , kata "Berfirmanlah Allah" menunjuk bahwa Dia adalah subjek dan semua ciptaan adalah OBJEK.

Memahami posisi ini maka kita tidak berdoa untuk "memaksa" Allah  bertindak sesuai keinginan kita, karena jika demikian kita menempatkan diri sebagai Subjek.

Allah yang berinisiatif dan bertindak untuk memelihara ciptaanNYa, senantiasa menopang, menghidupi dan mengatur segala sesuatu. Nafas kehidupan ada ditanganNya , Dia yang membuat matahari bersinar dan hujan turun , Dia yang memelihara burung-burung diudara dan yang mendandani bunga dipadang.

Gereja diberi hikmat untuk mengadakan kebaktian syukur panen tahunan dan orang Kristen diberi hikmat untuk mengucap syukur sebelum makan. Ini menandakan bahwa keduanya menyatakan bergantung kepada Allah Sang Pencipta dan Sang Pemelihara kita yang setia.

Amin

Salam hangat dari team Nafiri Kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA