Selasa, 24 Maret 2015

Kristus Harapan Dunia



Renungan Kristen, Kristus Harapan Dunia

Bacaan : Mazmur 8 : 4 - 10

3000 th yang lalu pemazmur berkata kepada Tuhan sebagai wakil manusia .. Ia melihat alam semesta ciptaan Tuhan yang begitu agung , betapa kecil nya manusia, betapa hinanya manusia , tetapi manusia satu-satunya makhluk yang dikasihi oleh Allah. Mengapa Allah mengharagai dan mengasihi manusia ? karena manusia yang dicipta dengan kehormatan dan kemuliaaan, sesuai peta dan teladan Allah, dicipta menurut rupa dan gambar Allah, Allah mau manusia menjadi cermin untuk memancarkan kemuliaan Allah.

Oleh karena itu manusia tidak boleh dihina, manusia mempunyai kehormatan, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat. Manusia berbeda dengan segala makhluk yang ada, berbeda secara kwalitas. Manusia bukan hasil evolusi, dicipta oleh Tuhan sendiri dan diberi kemuliaan dan hormat , langsung oleh Allah.
Oleh karena itu sekali lagi kita tidak boleh menghina manusia, banyak orang-orang besar dan penting, unggul dan bernilai mereka lahir dari keluarga yang biasa dan miskin.

Ketika manusia sadar akan nilai ini maka dia harus mengejar, menuju kepada sasaran kemuliaan dan kehormatan, kita menghargai diri kita sendiri terlebih dahulu sebelum kita menghargai oarang lain.
Mengetahui firman Tuhan diatas, semestinya kita laangsung sadar , ada nilai .. ada pengharapan ..

Dibandingkan dengan ciptaan-ciptaan lain maka , manusia adalah pemimpin dari semua makhluk yang ada di udara, darat dan laut serta mempunyai kuasa  diatas semua makhluk yang lain, diberi kedudukan yang tinggi oleh Tuhan.

Pemazmur bukan berbicara kepada makhluk tetapi berbicara kepada Allah yang tidak kelihatan.
Mnusia hidup bukan hanya untuk cari makan dan uang saja , jikalau deimkian maka manusia sedang merendahkan diri nya, tidak berbeda jauh dengan makhluk yang lain , manusia harus beda karena kita diberi sifat-sifat kerohanian.

Esau merendahkan dirinya dengan menjual hak sulung nya.

Apa yang membuat manusia berbeda sebagai makhluk yang mulia dan diberi kehormatan ? .. yaitu sifat kekekalan.
Manusia ada waktu lahir dan waktu meninggal dunia seperti yang ditulis dalam batu nisan. Hidup dalam dunia terbatas , dan sementara, tapi Tuhan mengatakan bahwa DIA memberi KEKEKALAN pada manusia.

RNA dan DNA yang ada dalam diri manusia tidak bisa dinilai dengan tehnik yang ada.
Hidup sementara didunia tapi ada hidup kekal didalam dirinya , suat zat yang begitu esensial yang menjadikan manusia berbeda dengan makhluk yang lain.
Yang habis dan rusak hanya jasmaniahnya saja, manusia mempunyai jiwa yang bersifat kekal didalam dirinya,  unsur esensial yaitu jiwa yang bersifat kekal.
Kalau tidak ada kekekalan ini maka manusia menjadi makhluk yang malang, oleh karena itu kita tidak harus memuaskan hidup didalam yang sementara saja.

Jadi manusia adalah makhluk yang dberi kehormatan serta kemuliaan serta kekekalan. Jika sifat kekekalan ini disadari maka kita akan sadar bahwa ini sesuatu yang sangat besar, yang sangat serius, karena manusia harus mempertanggung jawabkan apa yang diperbuat kepada Allah.

Sifat kekekalan juga merupakan cambuk bagi kita untuk tidak menyia-nyiakan kehidupan.
Oleh karena itu apa yang datang dari kekekalan harus kita dengar. Setiap saat manusia memerlukan firman Tuhan, hanya firman yang bersifat kekal dan bisa mengisi hidup manusia yang kekal.
Manusia lapar bukan karena roti saja dan dahaga bukan karena air saja tetapi juga karena firman.

Konsep ini adalah konsep yang akan mempengaruhi cara kita bersikap terhadap kehidupan kita.

Suatu hari Billy Graham dipanggil oleh Bill Clinton .. digedung parlemen BG diberi penghargaan tertinggi , waktu itu BG berumur 70 th lebih .. dia bertanya orang-orang kongres, orang-orang parlemen dan para petinggi .. didalam ruangan gedung parlemen ini apa yg kau lihat? .. ada yang jawab patung-patung, pilar, lukisan-lukisan yang indah.
BG menjawab ,, betul .. tapi didalam semua patung manusia ini ada yang sama yaitu semua mati, kita semua juga akan mati, tapi setelah kita mati kemana engkau akan pergi didalam hidup kekekalan itu ?

Saat ini mungki kita sehat, kaya dan terkenal .. tetapi sesudah mati engkau mau kemana didalam kekekalan itu ?
Yesus berkata : Akulah jalan kebenaran dan hidup .. barang siapa percaya kepadaKU dia tidak akan binasa .. Yesus juga berkata "Aku adalah terang dunia"

Karena kekekalan dibungkus didalam kesementaraan, maka ini menjadi tidak gampang untuk manusia melihatnya ..

Filosofi .. mengatakan bahwa segala suatu yang tidak bisa dibuktikan dalam laboratorium itu tidak pernah ada .. tapi kalimat ini juga belum pernah bisa dibuktikan dalam laboratorium .., karena laboratorium memang tidak layak untuk membuktikan hal ini, hanya hati nurani yang bisa mengumandangkan, merasakan dan mengatakan nya.

Jiwa yang kekal lebih penting dari jasmani yang sementara.

Apa yang membuat manusia berbeda sebagai makhluk yang mulia dan diberi kehormatan ? Manusia tidak perlu digeser oleh waktu tetapi kita bisa menggeser waktu.

Orang yang mati karena kebenaran akan tetap dikenang karena perbuatannya yang agung, hiduplah dengan bijaksana, dengan perkataan yang mendidik dan benar.

Apa hubungan kekkalan dan pengharapan ?

Keterbatasan yang membungkus kekekalan .. pada akhirnya kekekalan akan mengalahkan kesementaraan, kekekalan akan keluar untuk membuktikan nya.

Manusia yang menghargai sejarah, dia meoleh kebelakang kemasa lalu dan ketiaka dia menoleh kedepan dia dapat melihat pengharapan ..
Manusia bisa melihat kedua arah .. yaitu ke sejarah dan hal-hal yang akan terjadi ..

Karena Manusia makhluk yang kekal maka manusia ditandai oleh ingatan untuk bisa menoleh ke masa lalu dan kemampuan untuk melihat kedepan, fungsi pengharapan.
Selama hidup didunia sebenarnya apa yang kau harapkan ? manusia selalu berpengharapan untuk sesuatu yang lebih baik.
Melalui iman dan pengenalan akan firman Tuhan yang benar maka kita punya pengharapan .. didalam Kristus, bukan pengharapan didunia yang semantara tapi pengharapan pada kehidupan yang kekal bersama Kristus.

Bijaksana akan keluar dari hati yang disinari oleh firman Tuhan yang mengatakan bahwa manusia adlah makhluk ciptaan yagn diberi kekekalan.

Ganti manusia lama kita, kubur dosa bersama Kristus dan bangkit bersama Kristus dengan kuasa kebangkitanNYA.
Amin.

Salam pengharapan dari team Nafiri Kasih.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA