Minggu, 05 April 2015

GKI Gading Serpong, Kebaktian Sabtu Sunyi 4 April 2015

renungan kristen
kubur kosong bukti Yesus bangkit
RENUNGAN KRISTEN
Firman : Markus 15 : 42-47 dan Yohanes 16 : 16-22
Tema : Penguburan Yesus
Pembicara : Pdt. Yohanes Adrie Hartopo, Phd

 Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus, Alkitab tidak memberikan catatan apa yang terjadi setelah kematian Yesus pada hari Jumat. Yesus mati jam tiga sore dan dikuburkan sebelum jam enam sore, sebelum hari Sabat dan di hari Sabtu Yesus masih berada didalam kubur.
Fakta tentang penguburan Yesus merupakan fakta sejarah yang amat penting.
Mengapa hal tersebut panting ? paling tidak ada 3 alasan mengapa itu penting :

1. Didalam pengakuan iman rasuli terdapat kata "mati dan dikuburkan" , pengakuan iman rasuli merupakan statement yang padat tentang kebenaran.
2. Kisah penguburan Yesus dicatat didalam ke empat injil yaitu Matius, Markus, Lukas dan Yohanes , yang melengkapi satu dengan yang lain , artinya ini penting.

3. Dalam kutipannya rasul Paulus mengatakan "sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu yaitu tentang Injil, Dia disalibkan, mati  dan dikuburkan dst .. Ketika menyampaikan Injil maka hal penguburan juga perlu diceritakan.

Apa pentingnya penguburan Yesus ? penguburan Yesus terjepit diantara dua hal besar yaitu penyaliban dan kebangkitan.

Apa hubungan antara penyaliban dengan penguburan ?

Hal tersebut menyatakan bahwa Yesus memang mati, Yesus benar-benar mati itu fakta sejarah.
Prajurit Romawi sudah sangat berpengalaman dalam hal penyaliban, mereka tau bahwa ketika Yesus diturunkan dari kayu salib Dia benar-benar sudah mati. Sebelumnya prajurit itu telah menusukan tombaknya kelambung Yesus sehingga darah dan cairan keluar dari lambungNya yang mengindikasikan Yesus sudah mati.
Yusuf Arimatea dan Nikodemus, anggota dari sanhedrin pun menjadi saksi bahwa Yesus mati, ini bukti dari sejarah yang tidak dapat disangkal , sejarah ini menolak anggapan bahwa yang disalib itu bukan Yesus tetapi orang lain yang diserupakan. (penyaliban Kristus merupakan nubuatan Allah, untuk apa Allah harus berbohong dengan menyerupakan orang lain untuk menggantikan Yesus disalib ?, apakah Allah tidak bisa mebinasakan prajurit Romawi saat itu ?)
Yesus disalib ketika hari masih terang , banyak saksi dan terlihat jelas , sejarah tidak dapat disangkal.

Mengapa kaitan penguburan dengan penyaliban begitu penting ?
Karena ini adalah kematian orang yang menanggung dosa manusia, karena dosa-dosa kitalah maka Kristus mati dan dikuburkan. Kristus mati supaya kita hidup. Bicara tentang Yesus, bukan saja membicarakan tentang Yesus yang mengajarkan moral, tetapi yang lebih penting adalah Yesus telah menggantikan hukuman atas dosa manusia.

Yesus seperti domba yang dikorbankan, yang mati untuk menggantikan manusia yang berdosa.
Jangan pernah meremehkan, mengecilkan dan meminimalisir dosa apalagi untuk guyonan, karena dosa merupakan hal yang sangat serius untuk Allah, karena dosa yang membuat Yesus diatas kayu salib berkata ".. mengapa Engkau meninggalkan Aku .."
Jangan pernah pula meremehkan konsekwensi dosa, tapi takut dan gentarlah serta menjauhi dosa.

Apa hubungan penguburan dengan kebangkitan ?

Yesus yang benar-benar mati juga membuktikan bahwa Yesus juga benar-benar bangkit.
Ada yang mengatakan bahwa murid-muridnya telah pergi ketempat kubur yang salah sehingga tidak mendapatkan Yesus, ini sangat tidak benar. Yusuf Arimatea dan Nikodemus sebagai saksi sejarah, dia yang telah menyediakan kubur untuk Yesus,  tidak menyangkal fakta sejarah bahwa Yesus yang mati telah bangkit.
Kalau Yesus tidak bangkit , maka sia-sialah kepercayaan kita dan kita masih hidup dalam dosa karena percaya dengan kebohongan dan kepalsuan.
Kebangkitan Kristus merupakan keunikan iman kristen, kebangkitanNya menunjukan siapa Dia sesungguhnya yang menang atas maut.

Mengapa penting mengkaitkan penguburan dengan kebangkitanNya ? bagaimana kalau tidak ada kebangkitan ? maka penyaliban hanya membuat kita kagum dengan pengorbanan Yesus saja dan berhenti disitu.

Sabtu sunyi adalah hari transisi , hari menanti janji yang akan dipenuhi , bergulir menuju minggu paskah yang merupakan kemenangan atas maut, ada pengharapan disana ada suka cita.
Kebangkitan adalah sukacita, karena merupakan pengharapan dan kekuatan orang percaya .. dari duka cita menuju kepada sukacita, karena Yesus akan hidup selama-lamanya bersama dengan semua orang yang percaya kepadaNya.

Pengharapan inilah yang memberikan kekuatan setiap kita menghadapi kesulitan dan pergumulan hidup karena ada sukacita pada akhirnya.
Ada pergerakan from sorrow to joy , maka pengharapan itulah yang menguatkan, kita sedang dibentuk oleh Tuhan , dengan sesuatu yang kadang diluar pemikiran kita, jangan putus asa , tetaplah kerjakan keselamatanmu,  beriman tetap teguh karena didalam Kristus selalu ada pengharapan.

Amin.

Salam hangat dari team Nafiri Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA