Minggu, 05 April 2015

GKI Gading Serpong, Khotbah Paskah 5 April 2015

renungan kristen

Tema : KebangkitanNya Menegaskan Kekuasaan Allah
Pembicara : Bpk Drs R Sigit Poerbandoro Mth

Nats : Yohanes 20 : 1-20 dan Kisah Rasul 5 : 30-32

Tentu kita tidak asing sebelum Tuhan Yesus disalibkan, Tuhan Yesus bersabda "Akulah kebangkitan dan hidup barang siapa percaya kepadaKu ia akan hidup walaupun sudah mati dst .. "
Pemahaman tentang "Akulah kebangkitan dan hidup" waktu itu tidak banyak dimengerti termasuk murid-murid Yesus.
Sebelum Yesus disalib , telah beberapa kali Yesus memberi pernyataan bahwa Ia akan diserahkan, mati tetapi juga akan bangkit , ini berarti bahwa kebangkitan merupakan peristiwa yang harus terjadi tetapi disini juga Yesus mulai menunjukan siapa sebenarnya diriNya. Yesus sang kebangkitan itu juga maha kuasa.

Saat Tuhan Yesus bangkit sampai kenaikanNya kesurga ratusan orang menjadi saksi, murid-murid yang pergi kekubur Yesus mendapatkan bahwa kubur telah kosong , ada malaikat yang memberitakan bahwa Yesus sudah bangkit . 40 hari dari kebangkitan sampai kenaikanNya kesurga ada 10 kali Tuhan Yesus menampakan diri kepada murid-muridnya. Pada saat Tuhan Yesus naik kesurga pun ada sekitar lima ratus orang yang menyaksikan seperti yang disampaikan oleh rasul Paulus.
Maka kalau ada pihak-pihak yang menyanggah tentang realita kebangkitan Tuhan Yesus,, otomatis telah dimentahkan dengan fakta-fakta sejarah yang ada.

Peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus sekaligus menunjukkan bahwa Ia telah bangkit dari maut, mengalahkan maut dan keberkuasannya Yesus. Tidak ada nabi, raja atau orang-orang besar yang bisa mengalahkan maut, hanya Yesus yang mampu.

Kebangkitan Yesus juga memberikan berkat yang besar bagi yang percaya kepadaNYa yaitu :

Hidup kekal,  karena mereka tidak akan tinggal lagi dalam maut tetapi memperoleh hidup yang kekal bersama Tuhan Yesus, satu-satunya juru selamat manusia.

Hidup yang baru, menjadi ciptaan yang baru didalam Kristus, yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru sudah datang.

Kuasa KebangkitanNya, setiap murid Kristus dilengkapi dengan kuasa yang mampu mengatasi roh jahat didalam nama Yesus, ada kuasa kebangkitan Yesus yang menyertai setiap muridNya.
Rasul Paulus menulis, yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya .. dst .. , maka setiap orang yang percaya dan beriman kepada Yesus juga akan mengalami kebangkitan seperti yang Tuhan Yesus sudah alami.
Biarlah kuasa kebangkitanNya ini kita juga alami .. sejarah gereja mencatat bahwa pengikut Kristus dari dulu sampai sekarang selalu mangalami aniaya .. tetapi banyak yang rela mati tanpa menyangkali imannya, itu tidak terlepas dari kuasa Yesus termasuk kuasa kebangkitanNya.
Firman Tuhan sudah mengingatkan bahwa berbahagialah jikalau kamu dianiaya, dicela, dan difitnah karena Aku karena upahmu besar disurga.

Iblis dengan tipu muslihatnya selalu mengganggu orang kristen supaya menyangkal iman dan meninggalkan Tuhan. Kesulitan-kesulitan hidup juga seringkali membuat orang untuk undur dari Tuhan, tetaplah setia biarlah firman Tuhan selalu kita renungkan bahwa segala sesuatu dapat kutanggung didalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku .. itulah kuasa kebangkitanNya.

Murid-murid Yesus yang menyaksikan bahwa Yesus seperti Petrus sungguh bangkit  memiliki iman yang teguh dan menjadi sangat berani dalam menyaksikan Injil keselamatan, mereka siap menjadi martir dan taat kepada Allah dari pada kepada manusia.

Bersaksilah bagi Yesus yang sudah bangkit mengalahkan maut untuk menebus dosa manusia baik dengan perkataan maupun perbuatan (kesaksian hidup).

Kuasa kebangkitanNya sanggup mengubah kan hidup orang dari yang jahat , rusak dan berdosa menjadi anak-anakNya yang memuliakan Tuhan.

Yesus sungguh berkuasa, sungguh Dia bangkit.

Amin.

Salam hangat dari team Nafiri Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA