Minggu, 26 April 2015

GKI Gading Serpong Khotbah 26 April 2015


Tema : KEBANGKITAN DAGING, PENGHARAPAN MASA AKAN DATANG

Pembicara : Pdt Joseph GTH
Firman : 1 Korintus 15 : 35-42

Dalam ajaran Yunani diajarkan bahwa setelah manusia mati maka tubuh yang nilainya fana dan terbatas ini kalau sudah mati ya mati .. selesai .., tidak ada kebangkitan lagi.
Kadang kala orang Kristen yang percaya setelah mati ada kebangkitan pun berperilaku seperti pemahaman orang Yunani , seringkali kita mendengar kata sambutan di pemakaman yang mengatakan "kita mengantar si A ke peristirahatannya yang terakhir .."

Ketika orang Yunani mengatakan bahwa kematian itu jalan yang terakhir , tubuh ini sudah tidak mempunyai nilai kekekalan , kemuliaan ... hanya roh dan jiwa yang bisa dibangkitkan.

Ditengah pemahaman seperti diatas, rasul Paulus memberikan tanggapan teologis, bahwa manusia yang terdiri dari tubuh jiwa dan roh merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa diceraikan satu sama lain.
Kehidupan manusia tidak berakhir atau dibatasi dengan kematian tubuh, tapi dengan kekuasaan dan kedaulatan Allah , maka Allah akan membangkitkan orang mati dan mengubahkan tubuh yang sekarang ini dengan tubuh surgawi yang baru., tentu tubuh baru yang juga mempunyai roh.

Saat Yesus bangkit dan menemui muridNya , saat itu muridNya tidak serta merta mengenal dan percaya , mereka terkejut dan takut bahkan menyangka itu hantu. Ditengah keraguan itu Yesus memberikan Shalom , Dia sudah menang atas dosa dan maut .. Yesus bangkit dengan tubuh kemuliaan yang baru ..
Setiap orang yang percaya kepadaNya tidak akan binasa lagi , kuasa kebangkitanNya mampu mengubahkan , mentransformasi , dari orang yang dulunya egois menjadi orang yang murah hati.
Tubuh yang dkaruniakan Allah tidak dipakai untuk diri sendiri tetapi dipakai untuk menjadi berkat bagi orang lain, mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup dan yang berkenan kepada Allah sebagai ibadah yang sejati.

Tangan yang dikaruniakan oleh Tuhan, bisa dipakai untuk menepuk bahu orang yang sedang menderita, memberikan semangat dan dorongan supaya orang itu dapat bangkit kembali , bukan sebaliknya dipakai untuk hal-hal yang menyakitkan orang lain. Demikian juga dengan lidah , kaki dan semua anggota tubuh anugerah Tuhan hendaknya dipakai menjadi saluran berkat bagi kemuliaan Kristus.

Dalam era digital saat ini , ketika kebutuhan manusia begitu beragam dan komplek , maka kita bisa terjebak dalam kehidupan yang mementingkan diri sendiri , menjadi orang yang cuek melalui jebakan-jebakan tekhnologi seperti hp dan lain sebagainya , jikalau kita tidak berhati-hati.

Ketika menghayati makna kebangkitan Kristus, Kristus sudah menebus kita dari kuasa dosa dan maut itu berarti hidup yang semula sia-sia, sekarang dialihkan oleh kuasa kebangkitan yang sungguh membuat kehidupan menjadi berarti dan mulia, menjadi berkat bagi sebanyak mungkin orang.

Saat ini gereja GKI sedang menjalani Reklasisasi, penataan ulang basis klasis jemaat-jemaat yang ada. Dalam rangka mewujudkan gerak kebersamaan untuk mewujudnyatakan shalom dan kasih Tuhan didunia.
Gereja sebagai agen perubahan dalam menghadirkan damai sejahtera itu , ketika terjadi perubahan dalam gereja dan jemaat yang memuliakan Allah, itu adalah kebangkitan.
Ketika gereja menjadi saluran berkat bagi orang-orang yang tidak berdaya, orang-orang yang lemah dan orang-orang yang miskin dan tertindas , maka itulah kebangkitan.

Tubuh bukan hanya yang kelihatan , tetapi juga sikap , perilaku, gerak-gerik, pikiran dan perkataan itu yang harus berubah, terjadi transformasi .. itulah kebangkitan.

Kebangkitan Kristus menyatakan damai sejahtera Allah , shalom Allah bagi setiap manusia yang menjalin relasi dengan Kristus, shalom jangan dibatasi, tetapi harus keluar kepada semua sendi-sendi kehidupan, di sekolah, kampus, kantor, ditempat kerja, dimanapun kita ditempatkan.
Ketika orang yang percaya mau menjadi alat Tuhan , berkarya ditengah-tengah dunia ini maka kuasa Tuhan lah yang akan turut berperan dan mengubahkan suatu kehidupan yang lebih baik.

Amin.

Salam hangat dari team Nafiri Kasih.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA