Sabtu, 04 April 2015

GKI Gading Serpong, Khotbah Jumat Agung 3 April 2015

renungan kristen

Renungan Kristen

Tema : Penegasan Atas Pengampunan
Pembicara : Pdt Santoni

Nats : Matius 26: 26-29

26:26 Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya e  lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku 1 ." 26:27 Sesudah itu Ia mengambil cawan, f  mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian 2 , g  yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa 3 . h  26:29 Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu  dalam Kerajaan Bapa-Ku"
renungan kristen
Di daerah Illul Papua, ada budaya potong jari yang dilakukan ketika seseorang kehilangan orang yang dicintainya , mereka tidak hanya menangis tetapi juga memotong jari mereka sebagai simbol kesedihan dan keperihan karena ditinggal selama-lamanya oleh orang yang dikasihinya.
Wesley orang Papua yang ayahnya dibunuh oleh musuhnya sesama orang Papua, mampu memberikan pemgampunan , dia mengatakan 38 th yang lalu kalian menghabisi ayahnya tetapi hari ini saya mau membagikan sumber kehidupan yaitu firman Tuhan .

Firman Tuhan diatas menegaskan pengampunan itu sungguh diperlukan oleh manusia yang sudah rusak oleh dosa, hubungan manusia dengan Allah terputus dan hukuman atas dosa adalah maut.
Kristus memulihkan hubungan manusia dengan Allah melalui kematianNya dan kebangkitanNya sehingga manusia yang seharusnya dihukum , hukuman itu sudah ditanggung oleh Kristus . Pengampunan diberikan tetapi Keadilan Allah juga ditegakkan melalui penumpahan darah Kristus dikayu salib. Hanya Kristus yang layak menggantikan hukuman itu , Dia kudus dan tak bernoda.


Mungkin agama lain mengatakan bahwa orang kristen enak, kalau dosa tinggal mengaku dosa dan diampuni , sudah beres .. tetapi apa betul seperti itu ? .. apakah pengampunan itu gampang dan murah seperti itu ?

Bagaimana pengampunan dari sudut Tuhan ?

Pengampunan dosa berarti menutupi dosa yang sudah dilakukan, tidak memperhitungkannya lagi, dari sudut Tuhan sesungguhnya sangat berat, Kristus menjalani hukuman dosa manusia dengan kepedihan dan pengorbanan yang luar biasa besarnya , harga diriNya direndahkan, darahNya harus tertumpah, menahan sakit yang tiada taranya, kepedihan yang amat mendalam. Keringat Nya dikatakan seperti darah karena menahan pergumulan yang amat sangat berat .
Oleh karena itu jangan mengatakan bahwa pengampunan itu murah, enak, gampang dan enteng, jangan pernah meragukan cinta kasih Tuhan kepada kita, nyawa Nya saja dia berikan .. demi manusia yang dikasihiNya memperoleh keselamatan dan berdamai dengan Allah.

Kesaksian Billy Graham, ketika dia melihat salib, dia merasakan bahwa dia manusia yang berdosa, kotor dan hina , seharusnya dia yang ada dikayu salib itu, tetapi dia juga melihat kasih yang begitu besar dan agung seperti surat cinta dati surga.
Kasih Kristus harus kita hayati dalam seluruh hidup kita setiap saat, sebagai respons atas kasih Nya.


Bagaimana pengampunan dari sudut manusia ?

Jauh lebih sulit karena secara alamiah manusia sering tidak mau mengakui dosanya tetapi menunjuk bahwa orang lain yang berdosa, mengkambing hitamkan dan menyalahkan orang lain, padahal syarat untuk pengampunan adalah mau mengakui dosa.
Dosa yang ditutupi justru akan melahirkan dosa yang lain, maka diperlukan pengakuan dosa yang tulus yang kaluar dari kesadaran yang sungguh-sungguh, pasrah dan siap menerima apapun termasuk hukuman dari Tuhan. Ketika kita sungguh-sungguh menyesal dan meminta ampun kepada Tuhan, Tuhan pasti akan memaafkan. Jangan menuntut karena sudah minta pengampunan maka Tuhan harus memberkati dan lain sebagainya.

Seorang anak kecil yang memakan masakan ibunya mengatakan bahwa ibunya harus berterima kasih karena masakannya ada yang mau memakannya , atau orang kristen yang merasa bangga karena mau datang kegereja dan ikut pelayan karena kalau tidak ada yang datang dan pelayanan maka geraja akan sepi .. ini bukan contoh yang benar, tapi lakukanlah semua sebagai wujud kasih kita kepada Kristus yang sudah menjalani hukuman dosa supaya kita diselamatkan.

Ingat pengampunan Nya tidak mudah dan murah.

Amin.

Salam hangat dari team Nafiri Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA