Selasa, 10 Februari 2015

Doktrin Allah Tritunggal

Doktrin Allah Tritunggal

1. Doktrin Allah Tritunggal dalam Alkitab, sangat jelas kebenarannya, tetapi sayang sekali tidak ada istilah Allah Tritunggal atau Trinitas yang bisa kita temukan dalam Alkitab.
Doktrin Trinitas tidak bisa dipahami dengan logika biasa. Orang-orang non kristen apalagi mereka akan sangat sulit untuk mengerti doktrin ini , "mana mungkin tiga Allah dalam satu"

Kita percaya kepada tiga pribadi, masing-masing adalah Allah yang sejati, tetapi bukan tiga Allah , melainkan hanya satu Allah. Ini adalah misteri Allah yang diungkapkan dan didoktrinkan.

Sebaiknya kita tidak tergesa-gesa untuk menjelaskan doktrin Trinitas ini, melainkan kita wajib menerima, memahami dan mengalami kebenaran tentang Allah Tritunggal baik untuk diri sendiri maupun untuk anak-anak didik kita.

2. Doktrin Trinitas adalah doktrin bab terakhir dari pelajaran doktrin, maka kita tidak bisa memahami doktrin Trinitas sebelum kita mempelajari doktrin-doktrin yang lain, seperti doktrin Penciptaan, doktrin Keselamatan, doktrin Kristologi, doktrin Pneumatologi dsb, baru memahami doktrin Trinitas.

3. Siapakah yang memulai mencetuskan istilah Trinitas ini ? Pada sekitar tahun 200, Tertulianus mencetuskan sebuah istilah Trinitas dalam bahsa Latin, bunyinya "una substantia tres personae" (satu substansi tiga pribadi). Pernyataan ini mengusung ide tentang kekristenan yang mengimani pernyataan Allah yang satu, yang tidak terpisahkan, memiliki substansi illahi, dalam tiga "cara berbeda" pribadi.
Tiga pribadi itu berbeda satu sama yang lain tetapi satu dalam substansi ilahinya.

4. Pendekatan dibawah ini tentang pernyataan Allah Tritunggal dapat jatuh kedalam berbagai kesalahan :

(1) Modalisme (tiga pribadi itu dilihat sekedar moda dari keberadaan Allah), hanya satu Allah dinyatakan dalam tiga bentuk (modes).

(2) Tritheisme , para bapak gereja Kappadokian dan penerus mereka dalam kekristenan timur, berpendapat bahwa dasar keberadaan Allah dari kekal sampai kekal ialah triuni (triune) .
Menurut mereka bukan ketunggalan (unity) Allah, tetapi ketri-tunggalan (triunity).
Sekalipun saat ini sudah tidak ada gereja menganut paham tritheisme, tetapi masih banyak hamba Tuhan hanya menegaskan perbedaan Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh, tanpa menghayati ketunggalan (unity) Allah yang tidak terpisahkan.

5. Bapak gereja Agustinus dalam studi monumentalnya De Trinitatis (The Trinity) yang ditulis antara tahun 354-419, menulis "setiap ada dalam setiap, semua ada dalam setiap, setiap ada dalam semua, semua didalam semua, dan semua adalah satu"

Namun dikemudian hari Yohanes dari Dasmaskus yang mencetuskan kata perichoresis , sebagai ungkapan teknis untuk menggambarkan kesaling terhubungan (mutual interpenetration) dari tiga pribadi Allah .
Kata "trinitas" dimengerti secara perikoretik , maka Sang Bapa hadir dalam Sang Anak, Sang Anak hadir dalam Sang Bapa, dan mereka berdua dalam Roh Kudus , sebagaimana Roh Kudus hadir dalam Sang Bapa dan Sang Anak.

Dalam prinsip ini keberadaan ilahi yang dinamis tidak dapat dipahami sekedar sebagai satu subjek saja, tiga pribadi yang saling berhubungan satu dengan yang lain , hadir satu di dalam yang lain dan bertindak dalam keserempakan.

6. Inti dari berbagai konfesi gereja-gereja Reformasi " Kita menyembah Allah Yang Maha Esa dalam ketritunggalan-Nya, dengan tidak mencampur-baurkan kepribadian-kepribadian-Nya dan tidak memisah-misahkan hakekat-Nya.
Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus, dengan kemulian yang sama dan berkerajaan yang sama kekalnya . Sang Bapa tidak dilahirkan dan tidak berasal dari siapapun, Sang Anak dari kekal tidak diciptakan melainkan dilahirkan Sang Bapa , Roh Kudus dari kekal berasal dari Sang Bapa dan Sang Anak, yang bersama-sama dengan Sang Bapa dan Sang Anak disembah dan dimuliakan.

7. Kita hanya dapat memahami Allah , apalagi misterius Allah bila Allah mengungkapkan diri Nya .
Siapakah Allah ? (what God is). Ini tentang hakekat Allah atau ontologis Allah, dalam doktrin Trinitas disebut Immanent Trinity (Trinitas yang imanen, yaitu dalam diri-Nya Allah) .
Allah selalu mengungkapkan diriNya memalui karya Nya , baik karya ciptaan Nya maupun karya penyelamatan Nya. Ini tentang "what God Does" yang dinamakan Economic Trinity (Trinitas Ekonomi).
Karl Rahner mencetuskan bahwa "trinitas ekonomi adalah trinitas imanen, dan sebaliknya trinitas imanen adalah trinitas ekonomi"
Kita akan memahami Allah Tritunggal bila kita mengalami karya dan berkat Allah Tritunggal.
Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian
(2 Kor 13 : 13).

8. Dalam Alkitab Perjanjian Lama, perlu dengan teliti baru bisa menemukan doktrin Trinitas, contohnya dalam karya penciptaan, pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi, Roh Kudus ikut mencipta, demikian juga Firman (Kej 1:1-3) (Yoh 1:1-3).
Di kitab Injil lebih jelas, bahkan sangat jelas tercatat di amanat agung dalam formula babtisan, "dibaptis dlam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus"  (Mat 28:18-20).
Allah diatas kita (Allah Bapa),  juga Allah beserta kita (Yesus Kristus) , bahkan Allah didalam kita (Roh Kudus) .
Allah yang jauh dan tersembunyi telah menyatakan diri Nya (Yoh 1 : 18 , 14 : 9) dan juga meyakinkan kita tentang pernyataan itu oleh Roh Kudus.

9. Ada cukup banyak kiasan untuk menjelaskan Allah Tritunggal, umpamanya air dalam tiga bentuk, cair, beku dan uap. Matahari dalam dirinya, panasnya dan cahayanya.
Seorang pendeta bisa disebut seorang ayah, seorang anak dan seorang pendeta jemaat.

Bila kita menyadari keagungan dan misterius Allah yang tak terbanding dan tak tertandingi , maka tidak ada perumpamaan apapun yang dapat menjelaskan Allah tritunggal dengan benar dan baik.

10. Ada tiga pertanyaan yang butuh dipikirkan lebih lanjut dengan seksama :

(1) Mengapa doktrin Allah Tritunggal ini sangat penting?
  1. Supaya kebaktian kita menjadi lengkap
  2. Jika tidak percaya Allah Tritunggal tidak ada keselamatan , mis : Yesus mati disalib untuk menebus dosa manusia yang berdosa
  3. Menghayati bahwa Allah adalah kasih.
  4. Supaya gereja / kita mempunyai misi
  5. Inilah patokan / standard iman kita
(2) Apakah mungkin manusia bisa memahami doktrin Allah Tritunggal ?
  • Tidak Bisa : pikiran manusia terbatas, Allah adalah Subjek
  • Bisa : Tuhan sendiri bekerja dalam hati kita
(3) Bagaimanakah kita mengaplikasikan doktrin Allah Tritunggal ini ?
  • Kita bisa berdoa
  • Allah Immanuel , dihati kita , ditengah-tengah kita
  • Lahir baru
  • Dia mengutus kita / misi
  • Firman Allah memberi daya
  • Pluralisme, berbeda tapi tetap satu
Kiranya Roh Kudus menolong kita untuk mampu mamahami doktrin Allah Tritunggal ini.
Amin.

Salam hangat dari team Nafiri Kasih.

(Bina GSM GKI Gading Serpong, 8 Feb 2015 oleh : Pdt Luther Tan)
 

3 komentar:

  1. Semua pertanyaan Ibu ada didalam buku saya silahkan free download di google ketik: kebenaran-trinitas.com disini penulis menerangkan dengan jelas sekali karena penulis diterangi oleh Roh Kudus.
    Dasar doktrin Trinitas ada pada Matius 28:19 ", , ,Baptislah mereka dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. . " , Yesus disebut Tuhan karena Dia mempunyai Roh yang berasal dari Roh Kudus sedangkan Roh Kudus adalah Roh Yang berasal dari BAPA; dan Yesus disebut Putra karena Bapa telah memberikah semua kuasa kepada Yesus Matius: 28:18, Yohanes: 14:6, Yohanes: 10:30, Matius: 9:6, Yohanes: 5:22, Wahyu: 1:18, II Timotius 4:1, Matius: 12:18 dan masih banyak lagi yang membuktikan Bahwa Yesus itu Tuhan karena Roh yang ada pada Tuhan Yesus sama dengan Yang ada pada BAPA karena kesamaan Roh inilah Yesus disebut Tuhan.
    Dalam Amsal 8:22-36, disebutkan bahwa awal mula penciptaan Tuhan YAHWEH adalah Putra Tunggalnya, Mengapa Tuhan YAHWEH menciptakan Putra Tunggal-Nya karena Tuhan YAHWEH itu MAHA KUDUS, apa pengertian MAHA KUDUS? artinya DIA tidak bisa bertemu dengan orang yang berdosa kalau DIA bertemu orang yang berdosa orang itu pasti mati, pasti mati, dalam Roma: 3:23 karena orang berdosa kehilangan kemuliaan Tuhan, didunia semua orang berdosa sehingga orang tidak bisa menemui BAPA dan BAPA tidak bisa menemui orang karena orang berhadapan dengan BAPA pasti akan mati, sehingga Tuhan akan tauhid sendirian Dia akan tuli, bisu dan buta karena Dia tidak bisa ditemui oleh orang berdosa, dengan adanya Amsal 8; 22 - 36 maka Putra-Nya yaitu Tuhan Yesus merupakan Gambaran kemuliaan Tuhan, dengan Tuhan Yesus turun kedunia inilah gambaran dari kemulian Tuhan YAHWEH, dan tanpa Yesus tidak ada seorangpun sampai kepada BAPA karena BAPA maha kudus, tidak bisa ditemuai orang berdosa, doa saja juga tidak akan sampai kepada BAPA harus dialaskan dlam nama Tuhan Yeus, silahkan didownload di google ketik: kebenaran-trinitas.com dalam buku ini jelas sekali, karena penulis diterangi oleh Roh Kudus, saya berdoa supaya orang yang membaca buku ini diterangi oleh Roh Kudus tanpa diterangi oleh Roh Kudus anda tidak akan bisa memahami pemikiran Tuhan. HalleluYah amin

    BalasHapus
  2. Yang Terhormat Bapak – Ibu
    Berdasarkan pada penerangan oleh Roh Kudus dan dialog dengan banyak orang, penulis dapat menyimpulkan beberapa pertanyaan penting yang berhubungan dengan Trinitas dan sering ditanyakan dalam debat, dialog maupun diskusi dan pertanyaan pertanyaan ini yang membawa penulis bisa lebih luas memahami hal-hal yang tidak terpikirkan silahkan download di google ketik: kebenaran-trinitas.com dan pertanyaan itu antara lain:
    1. Apakah yang pertama kali yang diciptakan oleh Tuhan YAHWEH?
    2. Mengapa manusia bisa berfikir dan berbudaya sedangkan hewan tidak bisa berfikir dan tidak mempunyai budaya
    3. Siapa yang pertama menggunakan konsep Trinitas?
    4. Untuk apa konsep Trinitas itu ada?
    5. Yesus berbicara dalam Yohanes: 10:30 " Aku dan Bapa adalah satu. " tetapi Yesus tidak mengenal hari kiamat? in Matius: 24:36
    6. Yesus juga Tuhan tapi Yesus tidak tahu hari kiamat Matius: 24:36
    7. mengapa Yesus disebut Mesias dan mengapa Yesus disebut Tuhan?
    8. Yesus Tuhan mengapa harus berpuasa
    9. Yesus Tuhan mengapa ketika mau mati dia berbicara dalam Matius 27:46 ". . . that is to say, My God, my God, why hast thou forsaken me?
    Pertanyaa No. 5 dan 6 ini pertamakali penulis diterangi oleh Roh Kudus dan pertanyaan ini mengandung philosofi yang luar biasa indahnya, belum ada didunia ini seindah philosofi ini pertanyaan ini pertama Roh Kudus menerangi saya tentang Trinitas dan menyuruh saya menulis buku ini.
    Akhir kata penulis menyampaikan, setiap orang yang meminta akan menerima, siapa yang mengetok, pintu akan dibukakan, siapa yang mencari kebenaran dia akan mendapatkan dan siapa yang mendapatkan dia harus bersaksi tentang kebenaran itu karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.
    Baca Amsal 8:22-36 Anda akan terkejut dan mengapa Tuhan Yahweh mengirimkan Amsal 8:22-36.
    Silahkan free download di google ketik: kebenaran-trinitas.com dalam buku ini dijelaskan dengan jelas sekali karena penulis diterangi oleh Roh Kudus
    Hormat Saya
    Ir.Johanes Sudarsiman

    BalasHapus
  3. Ulangan 6 : 4, Markus 12 : 29

    Teks Ibrani, " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad. "

    🕎✡️🐟ש🕊️📖🗺️

    BalasHapus

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA