Sabtu, 21 Februari 2015

Siapkah Mengasihi Orang Yang Sulit ?

ilustrasi kristen, renungan kristen, khotbah minggu

Ilustrasi Kristen, Renungan Kristen

Siapkah Mengasihi Orang Yang Sulit ?
 
Nats : Kolose 3:12-17

Apakah kita pernah punya teman yg baik? Ramah, sopan, selalu berpikiran positif, senang membantu, suka mentraktir dan masih banyak lagi sifat-sifat menyenangkan yg ada dalam teman kita tersebut. Sulitkah bagi kita untuk menjadi teman baiknya? Tentu tidak bukan… Bahkan kita semua pasti ingin memiliki teman yang demikian.

Tapi tahukah kita bahwa seringkali Tuhan menempatkan kita di dekat orang-orang yang sulit bagi kita? orang yang tingkahnya sering bikin kita geregetan, jengkel, sakit hati, menyebalkan. Mungkin kita pernah bertanya dalam hati kita, “Kenapa ya aku bisa kenal dengan orang ini ?"  atau “Kenapa sih dia selalu aja bikin masalah dengan saya?”
Yuk .. mari kita belajar berpikir positip, kalau Tuhan mengijinkan kita ada dilingkungan orang yang menjengkelkan seperti tersebut diatas , tentu Tuhan ingin kita mengambil hikmah dari situasi itu bagi kemuliaan Nya.

Amsal 27:17 – “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.”
ilustrasi kristen, renungan kristen, khotbah minggu
Ya, tujuannya adalah Tuhan justru ingin membentuk hidup kita. Agar kita menjadi tajam, maka diperlukan orang lain yang senantiasa “menggesek” kepribadian kita agar kita menjadi “panas” dan mudah dibentuk.
Besi hanya dapat dibentuk bila dia mendapatkan panas. Bila besi itu dingin, maka akan sangat sulit dibentuk.
Yang Tuhan inginkan bukan emosinya yg ‘panas‘ , tetapi pemikiran kita yang ‘panas‘ untuk siap membentuk kita menjadi lebih indah buat Tuhan.

Oleh karena itu, ketika kita berhadapan atau berhubungan dengan orang yang menurut kita sulit, jangan jauhi orang tersebut. Mengucap syukurlah kepada Tuhan, berdoa minta agar Roh Kudus menguatkan kita, memampukan kita utk mengasihi dan sekaligus melembutkan hati kita agar mudah dibentuk oleh Tuhan. Tuhan ingin kita memiliki kehidupan yang berbuah dan berkualitas.

Hmm .. memang enak ya untuk dibicarakan tapi tentu sulit untuk dilakukan .. biarlah Roh Kudus yang memampukan kita semua untuk dibentuk menjadi semakin indah dihadapan Nya, Anda siap dibentuk ?

Kolose 3:14 – “Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.”
Amin.

Salam hangat dari team Nafiri Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA