Minggu, 15 Februari 2015

GKI Gading Serpong Khotbah 15 Februari 2015

transfigurasi
transfigurasi

Thema : Dimuliakan Dalam Kemuliaan Kristus
Pembicara : Pdt Santoni
Nats : Markus 9 : 2-13

Minggu ini adalah minggu transfigurasi , perayaan tentang pemuliaan Yesus diatas gunung Tabor, serta bertemu dengan Musa dan Elia, wajahNya bercahaya dan penuh kemuliaan.
Transfigurasi, menandai suatu perubahan atau metamorfosa, proses perubahan seperti ulat menjadi kupu-kupu.
Perubahan bisa terjadi dari penakut menjadi pemberani, pemarah menjadi penyabar, sombong menjadi rendah hati dsb .., ada perubahan dari sebelumnya.

Bagaimana kita sebagai orang percaya juga dapat mengalami kemuliaan Kristus, bagaimana iman percaya kita dapat bertransfigurasi.
Ada tiga langkah pembelajaran dari bacaan diatas : 1. Berdoa  2. Berkarya dan 3. Bersyukur

1. Berdoa
Dalam kesibukannya Yesus selalu menyediakan waktu menyepi , untuk berdoa dan bersekutu dengan Bapa.
Banyaknya tantangan, pergumulan dan godaan yang dihadapi Yesus, membuatNya selalu berdoa untuk mendapatkan kekuatan baru . Doa adalah nafas orang percaya, tanpa nafas manusia tidak dapat hidup, demikian jika orang percaya tidak berdoa maka kerohaniannya lambat laun akan mati. Doa itu penyejuk hati, melalui doa kita akan memperoleh hikmat dan suka-cita.
Untuk dapat bertransfigurasi kita harus mencari Tuhan dengan berdoa , doa yang benar adalah doa yang meminta Tuhan mengatur hidup kita, bukan sebaliknya kita yang mengatur Tuhan.
Doa yang benar juga bukan doa yang lain dimulut lain dihati , tetapi doa yang selaras antara kata dan perbuatan.

2. Berkarya 
Yesus tidak tinggal dimuliakan di atas gunung, tapi Yesus harus turun untuk menghadapai viadolorosa, jalan penderitaan dan kesengsaraan. Jalan yang menyakitakan yang harus ditempuhNya , demi kasih Nya kepada manusia, supaya manusia memperoleh keselamatan.
Kita juga harus masuk ketengah dunia untuk berkarya melakukan perubahan hidup, mengerjakan pekerjaan Tuhan, membawa cahaya Ilahi.
Mendengarkan suara Tuhan berarti juga mentaati dan melakukan apa yang Tuhan perintahkan.
Kenali Tuhan lebih dan lebih dalam lagi , sekedar tau Yesus itu tidak cukup alami Tuhan dalam hidupmu.
Kematian itu dekat dengan manusia, ketika kita masih diberi kesempatan hidup, lakukanlah pekerjaan yang bernilai kekal, lakukan dengan penuh kesungguhan dan ungkapan syukur.
Ubahlah chronos menjadi kairos.

3. Bersyukur
Kita wajib bersyukur menjadi pengikut Kristus. Peristiwa transfigurasi memperlihatkan sekelumit dari kemuliaan Yesus sebagai Mesias dengan disaksikan oleh Musa dan Elia.
Kita semakin hari seharusnya semakin diyakinkan bahwa Yesus adalah benar-benar Mesias, kita juga bersyukur sudah menjadi anak Allah melalui Kristus yang sudah menebus dosa kita.
Walaupun ada viadolorosa , tetaplah kerjakan tugas panggilan kita dengan sepenuh hati sebagai ungkapan rasa syukur atas anugerah keselamatan yang sudah diterima.


Amin

Salam hangat dari team Nafiri Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA