Kamis, 22 Januari 2015

Disiplin Rohani Bagaikan Alat Peniup Api

disiplin rohani
"disiplin rohani bagaikan alat peniup api"

Renungan Kristen.
Disiplin rohani merupakan sarana yang dapat "mendekatkan" diri kita kepada Tuhan, yang akan membentuk kita menjadi serupa dengan Kristus
Tuhan memang maha hadir dapat kita temui dimana saja bahkan ditempat yang tidak kita duga, namun Dia juga berkenan untuk menetapkan suatu sarana yang khusus untuk dapat bertemu denganNya secara teratur yaitu dengan Disiplin Rohani.

Disiplin rohani dikelompokan menjadi dua yaitu : displin pribadi dan disiplin kelompok.

Disiplin Pribadi seperti : membaca dan merenungkan firman Tuhan sendiri, doa pribadi, berpuasa, menulis jurnal rohani .

Disiplin Kelompok seperti : ikut kebaktian, persekutuan doa, pemahaman alkitab kelompok, pembinaan kerohanian.


Roh Tuhan bekerja dalam setiap disiplin rohani secara unik, berkat yang kita alami dalam berdoa tidak dialami seperti ketika berpuasa atau ketika ikut dalam pemahaman alkitab kelompok. Ketika kita mengabaikan satu displin berarti kita tidak mengambil berkat itu.

Sadari bahwa disiplin rohani bagaikan alat peniup api kerohanian kita, tanpa displin maka kerohanian kita bisa suram dan pudar. Ingat juga bahwa displin rohani bukanlah sebuah sikap hati tetapi sebuah praktek.

Jangan mencampur adukan antara disiplin rohani dengan buah Roh seperti kasih, suka-cita, damai sejahtera dst ... , berdoa, berpuasa, saat teduh pribadi, kebaktian adalah disiplin rohani , sedangkan kasih, suka cita , adalah dorongan internal atau kekuatan yang mendorong untuk kita melakukan displin rohani tersebut.

Amin. Semoga renungan kristen ini bermanfaat.

Salam disiplin dari team Nafiri Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA