Minggu, 18 Januari 2015

Gki Gading Serpong Khotbah 18 Jan 2015

renungan kristen - mengikut Yesus
mengikut Yesus
Nats : yoh 1 : 43-51
Thema : Dipanggil Untuk Mengikut Yesus
Pembicara : Pdt Santoni

Yohanes 1:43  Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!"

Kalimat "ikutlah Aku" diatas memang sangat pendek, tetapi kalimat itu telah mengubah begitu banyak orang menjadi pengikut Kristus, milyaran orang diseluruh dunia saat ini menjadi pengikut Kristus.

Apa artinya ikutlah Aku ? ikutlah Aku mempunyai arti "mari berjalanlah dibelakangKu" jadi, pengikut Kristus adalah orang yang berjalan dibelakang Kristus.
Dalam PL "ikutlah Aku" mempunyai arti , mengabdikan diri secara penuh, mentaati, mengasihi dan menyerahlan diri kepada guru yang diikutinya .
Mengikut Yesus berarti mau tidak mau mengarahkan diri ke arah yang Yesus kehendaki, bukan kehendak kita lagi.

Bagaimana caranya ?

1. Menyangkal diri  2. Memilkul salib dan 3. Mengikut Dia.

1. Menyangkal diri 
Mau mengatakan bahwa aku tidak mengenal diriku, tetapi Kristus yang ada di dalamku yang aku kenal. Bersedia mematikan keakuanku dan digantikan dengan Kristus, bukan kehendakku lagi yang jadi, tetapi kehendakMu yang jadi.

2. Memikul salib
Salib lambang penderitaan, betapa pedih dan beratnya salib , seorang theolog dari Jepang pernah mangatakan mengapa lambang orang Kristen salib bukan rantang ? salib itu berat dan memalukan sedangkan rantang ringan.
Begitu beratnya salib yang kita pikul, seringkali kita ingin memotong salib itu, seperti contoh video sbb :


Tuhan mau kita tetap setia sampai akhir , tetap memikul salib apapun yang terjadi , jangan karena kita terlalu menyayangi hidup, lalu mengorbankan segalanya, termasuk iman.
3. Mengikut Dia
Mengikut Dia berarti kita melupakan masa lalu dan pergi mengiring Dia, tidak mengingat-ingat dosa masa lalu lagi tetapi mengarahkan diri kepada Tuhan.
Yoh 1:39 .. marilah ... , Yesus mengajak untuk tinggal bersama , belajar semua tindakan Kristus, marilah menyaksikan Kristus dalam hidup kita dan tidak menjadi batu sandungan. 
Kristus sudah memberikan nyawaNya untuk keselamatan manusia, maka kita wajib memberikan yang terbaik untuk Nya.
Video dibawah ini mengajak kita untuk tetap setia sampai akhir, sampai Tuhan menjemput.
Amin.


Salam hangat dari team Nafiri Kasih.


renungan kristen - mengikut Yesus

Pujian oleh PS Sanctus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA