Minggu, 25 Januari 2015

GKI Gading Serpong Khotbah 25 January 2015

renungan kristen, gki gading serpong
GKI Gading Serpong, 25-01-2015

Nats : Markus 1 : 14-20
Thema : Dipanggil Untuk Bertobat, Percaya dan Mengikut Dia
Pembicara :  Pdt Son

Renungan Kristen

Dalam bacaan firman diatas, tujuan Yesus memanggil ke 4 orang muridnya yaitu Simon, Andreas, Yakobus dan Yohanes dengan sangat jelas , yaitu untuk menjadi penjala manusia, bukan penjala ikan. Sehingga akhirnya Injil diberitakan dari Israel kemudian melintasi budaya sehingga Injil sampai ke Indonesia, Korea dan seluruh dunia.
Dalam PL, Kejadian 12 : 1-3, juga ditulis dengan jelas bahwa Abraham dipanggil Allah untuk diberkati menjadi bangsa yang besar bukan untuk kaumnya saja tetapi juga menjadi berkat bagi semua bangsa.
Allah bukan hanya milik bangsa israel saja walupun Tuhan memilih bangsa Israel sebagai bangsa Imam.

 Dalam kita memenuhi panggilan Kristus menjadi saksiNya, sebaiknya kita tidak melepaskan skill kita dibidang yang lain, skill kita atau pengalaman kita dibidang yang kita tekuni malah bisa sebagai jembatan untuk masuk kedalam Injil.
Seperti yang rasul Paulus lakukan, dia membuat kemah sebagai mata pencahariannya , intinya adalah fokus kepada Tuhan.

renungan kristen, hudson taylor
GKI Gading Serpong, Hudson Taylor

 Waktu Tuhan Yesus didunia ini sangat singkat padahal Tuhan Yesus mempunyai tujuan untuk menyampaikan Injil keseluruh dunia , maka dia memanggil murid-murid untuk meneruskan tujuan itu, dan menawarkan juga kepada kita semua.


Murid Yesus dipanggil bukan hanya untuk bertobat, tetapi juga untuk bersaksi.
Son sebenarnya dari latar belakang keluarga yang beragama Budha , dia masuk SMA Kristen dan mengikuti paduan suara dan lain-lain , sejak remaja sudah berpikiran akan menjadi orang baik, dia berpikir semua agama sama saja karena mangajarkan untuk berbuat baik , tetapi karena anugerah Tuhan dia mendapat pencerahan bahwa dirinya sebagai manusia yang berdosa perlu ditebus.
Semakin dia membaca Alkitab, semakin mendapat dorongan untuk mengabarkan Injil.

Hudson Taylor pada jaman dahulu beliau pergi dari Inggris menuju China dengan kapal untuk mengabarkan Injil,  perjalanan naik kapal itu ditempuhnya selama 150 hari, dalam perjalannya kapal yang ditumpangi hampir saja tenggelam. Bandingkan dengan jaman sekarang perjalanan dari Inggris ke China bisa ditempuh hanya dengan 12 jam saja memakai pesawat terbang.
Setelah sampai di China dia harus berjuang dengan bahasa , dan beradaptasi dengan keadaan masyarakat disana , dia menyemir rambut dan membuat kuncir , walaupun terlihat aneh dan seringkali ditertawakan tapi semua itu dijalaninya demi menyampaikan kabar baik itu kepada orang-orang China.

Ketika sampai kekota Ning Pao, Hudson bertemu dengan seorang yang bernama Lie Yong Fa yang tertarik dengan Injil , dia mulai rajin baca Alkitab dan berdoa. Lie Yong Fa menceritakan bahwa orang tuanya yang sudah meninggal adalah orang yang senantiasa mencari kebenaran tapi sayang dia belum mendengar tentang Injil seperti ini. Lie bertanya sudah berapa lama Injil ini ada dinegara Inggris, dan dijawab bahwa sudah ratusan tahun, Lie berkata sudah ratusan tahun tapi baru sekarang diberitakan ? andaikan Injil diberitakan lebih awal ke China, maka ayahku pencari kebenaran itu akan diselamatkan.
Saat ini masih banyak Lie Yong Fa yang lain yang sedang menantikan jalan kebenaran yang dia cari-cari , maukah Anda dan saya dipakai untuk menyampaikan kabar keselamatan ini ?

Lagu gangnam style dalam kurun waktu 1 th sudah dikenal oleh lebih dari 1 milyar orang, Yesus sudah datang untuk menebus dosa manusia 2000 tahun yang lalu, tapi saat ini masih ada sekitar 2 milyar orang yang belum menerima Injil.

Kalau kita sudah mengalami Yesus dalam hidup kita, bukan sekedar tau, kita pasti mau membagikan kabar baik ini. Murid-murid yang dipanggil Yesus hanya penjala-penjala ikan mereka orang biasa tapi mau dipakai untuk mengabarkan Injil.
Muakah kita dipakai untuk menyampaikan kabar suka-cita ini ? kabar yang sedang dinanti-nantikan oleh banyak orang .. Amin.

Salam hangat dari Team Nafiri Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERAKHIR

Hidup Harus Bersyukur

Hidup Harus Bersyukur 1 Tesalonika 5 : 18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allaah di dalam Kristus Y...

POPULER DIBACA